Tipe-Tipe Sandal Wanita dan Cara Memilihnya

Jika berbicara tentang aksesoris penunjang penampilan, beberapa orang mungkin akan mengatakan kalung, gelang, topi, kacamata, atau tas. Padahal, ada satu lagi yang tidak bisa diabaikan begitu saja, yakni sandal. Sandal wanita kini hadir dalam berbagai macam tipe dan desain yang menarik. Dengan pemilihan yang tepat, maka penampilan mereka akan menjadi lebih menawan.

Beberapa Tipe Sandal untuk Wanita

1. Peep toe heels

Tipe yang pertama adalah peep toe heel. Tampilannya yang manis membuat tipe ini sangat cocok dipakai di pesta atau acara informal lainnya. Di bagian belakang, sandal ini berbentuk kotak kecil, sementara di bagian depan memiliki bentuk tali yang simpel untuk memperlihatkan jari kaki. Jenis yang satu ini sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai model gaun.

2. Wedges

Bagi Anda penggemar dunia fashion tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Tipe ini juga sering disebut dengan sandal platform. Tinggi jenis ini adalah sekitar 5-8 cm dengan alas kaki kayu. Meskipun tetap cocok digunakan oleh setiap wanita, akan tetapi wedges lebih tepat dipakai oleh wanita dengan kaki jenjang karena dapat memberikan kesan proporsional dan ramping.

3. Flip flop

Tipe yang berikutnya adalah flip flop. Jenis ini biasa dikenal dengan istilah sandal jepit. Modelnya cukup sederhana dan beberapa terbuat dari bahan karet. Flip flop sangat cocok digunakan di pantai karena cukup mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering memakainya, apalagi ketika cuaca sedang panas karena akan membuat kulit menjadi belang.

4. Gladiator

Satu lagi tipe sandal yang cocok digunakan ketika berlibur di pantai, yakni gladiator. Tipe ini berbentuk seperti tali-tali ala prajurit romawi. Selain di pantai, tipe gladiator juga masih cocok dipakai di acara-acara santai lainnya seperti hangout, berkumpul dengan teman, dan lain-lain. Skinny jeans atau celana pendek sangat baik untuk melengkapi sandal ini.

5. Sepatu sandal

Akhir-akhir ini sepatu sandal kian digemari oleh para kaum hawa untuk melengkapi koleksi mereka. Sandal ini juga kerap disebut sepatu gunung. Tak heran jika perlahan-lahan sepatu sandal mulai bersaing di tren fashion kekinian. Selain model yang simpel, sepatu sandal juga memiliki berbagai desain yang menarik sehingga sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam outfit.

Tips Memilih Sandal Wanita

1. Sesuaikan dengan kegunaan

Meski saat ini sudah banyak berbagai model dan desain yang menarik, jangan lupakan tentang fungsi sandal sebenarnya. Ada yang lebih cocok digunakan ketika berlibur, pesta, aktivitas sehari-hari, atau acara formal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pikirkan terlebih dahulu akan digunakan untuk apa sandal tersebut. Jika sudah, barulah Anda memilih desain yang paling menarik untuk Anda.

2. Pastikan nyaman digunakan

Sebagian besar toko offline memberikan layanan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli. Manfaatkan hal tersebut untuk menguji seberapa nyaman sandal ketika digunakan. Jangan sampai uang yang sudah dikeluarkan terbuang sia-sia hanya karena tidak nyaman digunakan dan bahkan membuat kaki menjadi terluka.

Pada intinya, sandal wanita memang memiliki pilihan model dan desain yang lebih banyak dibandingkan pria. Hal ini bertujuan untuk membuat penampilan menjadi lebih baik dengan sandal tersebut. Akan tetapi, tetap saja sangat penting untuk mempertimbangkan aspek-aspek yang lebih fundamental seperti fungsi dan kenyamanan agar pemakaiannya juga lebih maksimal.

Diposkan oleh Maria Yuliana

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk