Tips Memilih Baju Batik Dengan Kualitas Bahan Terbaik

Siapa tidak tahu batik? Ya ini merupakan salah satu ikon dari buaya Indonesia paling popular bahkan sudah mendunia. Salah satu fashion item dari kain ini yang paling banyak dicari adalah baju batik. Biasanya pakaian ini digunakan buat menemani tampilan ketika menghadiri acara formal ataupun casual.

Hingga sekarang, sudah banyak desain yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Di jaman sekarang ini, batik sendiri tidak hanya digunakan oleh bapak-bapak saja tetapi para anak muda pun juga semakin tertarik buat menggunakannya. Terlebih lagi desainnya sudah banyak disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing para pemakaiannya.

Tips Memilih Baju Batik

Apakah anda berencana akan membeli jenis baju satu ini baik buat koleksi ataupun sekedar pakaian untuk menemani penampilan Anda menghadiri suatu acara? Anda sebaiknya harus berhati-hati dalam memilihnya. Karena jika sampai salah memilih, justru akan menyebabkan kurang pas sehingga dapat memperburuk penampilan.

Tidak ingin bukan apabila sampai salah dalam memilihnya? Anda wajib buat menyimak beberapa tips berikut ini dalam memilih fashion item ini.

Perhatikan Jenis Pembuatan Batik

Perlu diketahui apabila secara umum, terdapat dua cara pembuatan dari batik yakni tulis dan cap. Masing-masing memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda menginginkan kualitas terbaik dan tahan lama maka jenis batik tulis dapat menjadi pilihannya.

Tetapi karena proses pembuatan batik tulis akan membutuhkan waktu lama karena dilakukan dengan kesabaran sekaligus menggunakan cara manual, maka harganya jauh lebih mahal. Jangan khawatir, sekarang kualitas dari batik jenis cap sendiri sudah tidak kalah loh.

Bahan Pembuatan

Ada banyak pilihan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Hal inilah terkadang membuat sebagian besar orang bingung dalam menentukan pilihan. Penggunaan bahan ternyata juga menawarkan kualitas serta harga berbeda.

Adapun beberapa jenis bahan yang digunakan seperti kain grey, kain mori, serat, rayon, tenun, kaos katun, sutra hingga polyester. Pemilihan bahan sendiri harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Pemilihan Warna

Walaupun terlihat sepele, tetapi pemilihan warna pada baju sebaiknya juga harus diperhatikan dengan baik. Biasanya pemilihan warna dapat disesuaikan dengan warna kulit Anda sendiri.

Sebagai contohnya jika mempunyai kulit sawo matang maka hindari pemilihan warna yang terlalu terang. Cobalah memilih warna-warna dasar sesuai dengan warna kulit. Ada banyak pilihan warna batik dimana tersedia di pasaran.

Motif

Selain warna, Anda sebaiknya juga harus memperhatikan motifnya itu sendiri. Karena Indonesia merupakan salah satu Negara dimana kaya akan budaya serta suku, maka setiap daerah memiliki corak motif batik berbeda-beda.

Inilah hal yang justru menjadi keunikan tersendiri dimana juga patut dijadikan sebagai kebanggaan. Beberapa pilihan motif paling popular diantaranya adalah sogan, tujuh rupa, mega mendung, keraton, kawung dan masih banyak lagi. Jika Anda anak muda, pastikan memilih motif dimana berikan kesan semangat dan energik.

Ukuran

Tidak kalah pentingnya, ukuran dari baju batik sebaiknya harus diperhatikan dengan baik. Sebab nantinya ukuran akan mempengaruhi tingkat kenyamanan ketika sedang mengenakannya. Itulah sebabnya harus memilih ukuran yang benar-benar pas dengan badan dimana tidak terlalu besar ataupun kecil.

Selain itu, harga juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Nantinya harga akan berpengaruh terhadap kualitas dari batik yang akan didapatkan.

Jenis baju satu ini memang sudah semakin popular untuk berbagai kalangan baik anak muda maupun orang tua. Jika Anda ingin menemukan baju batik sesuai kebutuhan dan budget, segera cek di blibli.com sekarang juga.

Diposkan oleh Maria Yuliana

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk