Beberapa Faktor Tidak Teraturnya Haid Pada Perempuan di Siklus Menstruasi

Menstruasi sendiri memang tidak bisa dipisah di kehidupan wanita, dimana setiap wanita yang sudah memasuki puertas akan mengalami menstruasi di setiap bulannya. Mentruasi sendiri umumnya akan berlangsung di setiap 21 hingga 35 hari. Dan siklus menstruasi ini berlangsung selama dua hingga tujuh hari dalam sebulan. Akan tetapi siklus menstruasi yang di alami setiap perempuan tidaklah semuanya sama yang kadang tidak sesuai prediksi. Ada juga siklus menstuasi yang lebih Panjang atau lebih pendek dari siklus yang normal, atau memiliki karak natara siklus ini yang tidak dapat diprediksi. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak teratur.

1. Mengalami Kenaikan Atau Penurunan Berat Badan Secara Dratis

Berat badan juga bisa mempengaruhi terhadap siklus menstruasi kalian, dikarenakan berat badan yang secara tidak langsung memengaruhi sekresi hormone pada kelenjar yang ada di dalam otak dimana berfungsi mengatur metabolism kalian. Sehingga kalian harus isa menjaga berat badan kalian untuk tatap stabil, dimana tidak mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis. Jika kalian mengalami penurunan berat badan secara drastis hal ini bisa menghambat produsi hormone estrogen. Dan jika kalian mengalami kenaikan bera badan yang cukup signifikan, untuk kasus ini dimana tubuh kalian akan menghasilkan estrogen dalam jumblah yang terlalu banyak. Untukitu kesimpulannya, jika kadar hormon estrogen ini tidak seimbang sehingga dapat mempengaruhi siklus pelepasan indung telur di setiap bulannya, sehingga jika ini terhambat siklus haid pun terhambat.

2. Hormon Yang Tidak Seimbang

Memang untuk hormone sendiri bisa dibilang menjadi penyebab utama terjadinya untuk haid yang tidak teratur, dan memang terdapat beberapa fase pada wanita yang bisa jadi pemicu kondisi hormonal yang tidak seimbang. Seperti pubertas, menopause, melahirkan, hingga menyusui. kenapa ini terjadi, yang mana diakibatkan oleh kadar estrogen dan progesterone yang masih selalu berubah ubah kadarnya. Yang akibatnya akan menjadi sulit untuk memprediksi jadwal haid. Selain dari fase-fase tadi itu, ada juga hal lain yang membuat itu terjadi atau hormon menjadi tidak seimbang seperti penggunaan alat kontrasepsi hingga tingkat stres dari kedua tersebut akan mempengaruhi dalam kadar hormone di tubuh para wanita. Jika kadar hormon yang terlalu sedikit atau berlebih akan mempengarhi di bagian otak pada bagian yang mengatur menstruasi, sehingga siklus bisa lebih lambat atau cepat atau juga tidak mengalami menstruasi sekalipun.

3. Terjadi Sindrom Ovarium Polikistik atau PCOS

PCOS berupa penyakit yang disebabkan terdapat kelebihan hormone laki-laki pada perempuan. Sehingga kondisi ini akan memicu kemunculan kista di ovarium, sehingga perempuan tidak bisa melepaskan sel telur disetiap bulannya. Dan wanita yang mengalami ini biasanya akan memiliki pertumbuhan pada rambut yang berlebih di wajah, jerawat yang sulit menghilang, dan bisa mempengaruhi siklus haid yang tidak teratur. Dan memang ada juga dari faktor lain seperti penyakit menular seksual, diabetes,fibroid Rahim, endometriosis, hingga polip Rahim bisa menjadi penyebab siklus menstruasi yang tergangu pada perempuan.

Tentu saja disetiap masalah pasti ada solusinya, jika kalian mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur kalian bisa langsung datang dan berkonsultasi masalah ini kedokter. Atau kalian mulaidengan hidup yang sehat dan teratur. Dengan kalian mengetahui penyebab dan penanganan dari siklus yang tidak teratur tentu saja kalian bisa menanganinya dengan tenang dan cepat.