5 Aktivitas Fisik Ringan untuk Lansia, Agar Tubuh Tetap Sehat

Aktivitas fisik ringan untuk lansia

Beragam cara dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Terlebih bagi lansia, dimana umumnya banyak menghabiskan waktu dengan berbaring atau bersantai.

Padahal kurang bergerak dapat mengakibatkan risiko masalah kesehatan pada orang usia lanjut sebut saja diabetes, pikun, nyeri otot dan sendi, hingga tekanan darah tinggi. Lantas kegiatan apa saja yang aman dilakukan untuk lansia?

Aktivitas fisik ringan untuk lansia

Contoh Kegiatan Fisik Ringan

Tak perlu melakukan olahraga berat, karena kegiatan dengan intensitas rendah di bawah ini termasuk dalam olahraga ringan bagi orang lanjut usia.

Berjalan Santai

Kegiatan paling baik dan terbilang sederhana untuk dilakukan lansia adalah berjalan santai. Ketika melakukan aktivitas ini, tubuh dapat membakar kalori berlebih, menambah stamina, serta menguatkan jantung. Tak perlu berjalan jauh, para lansia bisa rutin berjalan di halaman atau di dalam rumah.

Merapikan Tempat Tidur

Selain berjalan santai, merapikan tempat tidur rupanya juga termasuk dalam salah satu olahraga ringan yang baik bagi tubuh orang lanjut usia. Sehingga setiap kali bangun tidur, sempatkan untuk menata tempat tidur mulai dari merapikan sprei, bantal, serta guling.

Menyiapkan Makanan

Menyiapkan makanan atau memasak di dapur juga baik dilakukan karena dianggap sebagai salah satu olahraga ringan untuk lansia. Namun ketika melakukan aktivitas ini tentu perlu berhati-hati, sebaiknya hindari memasak makanan yang terlalu rumit. Sebaliknya, buat hidangan sederhana dengan waktu memasak yang tidak cukup lama.

Mencuci Piring

Tak hanya itu, mencuci piring rupanya juga menjadi salah satu aktivitas yang direkomendasikan untuk lansia. Sehingga tiap kali selesai menyantap makanan, tak ada salahnya orang lanjut usia mencuci peralatan makannya sendiri sebagai salah satu bentuk olahraga ringan.

Memainkan Instrumen Musik

Bermain instrumen musik rupanya menyimpan manfaat mulai dari melatih otak, meredakan stres, menghilangkan kesepian, hingga membuat lansia memiliki tujuan hidup. Salah satu instrumen yang bisa dimainkan adalah piano.

Ketika sedang duduk santai, tubuh akan mengeluarkan energi setara dengan 1 MET. Sedangkan saat melakukan aktivitas fisik ringan tubuh akan mengeluarkan energi kurang dari 3 MET atau kurang dari 3,5 kilokalori (Kcal) per menit.

Selain itu pastikan lansia mendapatkan asupan bergizi yang cukup untuk mendukung kebugaran tubuh ketika beraktivitas, dengan mengonsumsi Ensure dua kali dalam sehari.

Diposkan oleh Maria Yuliana

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk