7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Dress Imlek

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Dress Imlek

Cheongsam merupakan salah satu busana wajib yang harus dikenakan oleh wanita China atau Tionghoa, ketika tahun baru China atau Imlek. Dress Imlek ini mempunyai siluet yang pas dan identik dengan penggunaan kerah unik dan berwarna cerah. Pemakaian dress ini juga mudah karena dilengkapi dengan beberapa kancing pada bagian atas dada yang tersusun secara menyerong.

Meskipun penggunaan baju ini masih dianggap sebagai salah satu pakaian adat, tetapi perkembangan dress cheongsam dapat diterima secara internasional. berbagai tampilan desain sederhana terkesan anggun dan mewah membuat cheongsam banyak disenangi oleh wanita sebagai pakaian santai maupun resmi.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Dress Imlek

Cara Menentukan Pilihan Model Dress Imlek Sesuai Bentuk Tubuh

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan pakaian cheongsam perlu mengetahui cara menentukan pilihan model dress agar tampilan lebih menawan dan pas. Hal ini dilakukan agar penggunaan pakaian tersebut berfungsi untuk menutup bagian tubuh yang dianggap kurang menarik. Berikut beberapa tips memilih baju cheongsam sesuai bentuk tubuh Anda.

1. Tubuh Pendek

Bagi Anda yang memiliki tubuh mungil seharusnya menghindari pemakaian cheongsam yang dilengkapi dengan busa maupun bantalan bahu pada bagian pundak. Penempatan bagian pundak supaya tubuh Anda memiliki kesan pendek. Bagi Anda yang memiliki tubuh pendek usahakan untuk menghindari pemakaian dress Imlek panjang yang membuat Anda semakin tenggelam.

2. Pundak Lebar

Penggunaan bantalan bahu tidak hanya dianggap kurang cocok bagi Anda bertubuh pendek. Tetapi, penggunaan pakaian cheongsam dengan bantalan bahu tidak sesuai untuk Anda yang memiliki pundak lebar. Maka pilihan terbaik adalah penggunaan cheongsam yang dibuat dari bahan kain lembut dan ringan dari sutera sangat cocok untuk postur ini.

3. Tubuh Kurus

Desain dress Imlek cheongsam yang memiliki bentuk tubuh kurus lebih tepat memakai pakaian pas badan. Apabila Anda menginginkan bagian tubuh lebih bervolume. Maka pilihan baju dengan hiasan brokatatau lace adalah pilihan terbaik.

4. Bentuk Tubuh Tidak Seimbang

Bagi Anda yang memiliki bagian tubuh tidak seimbang, maka sebaiknya memiliki cheongsam yang dirancang dalam bentuk dua potongan. Maka dari itu, Anda dapat memilih cheongsamn yang memiliki kesesuaian antara bentuk tubuh bagian atas dengan pilihan rok berwarna senada. Tentunya, pilihan rok tersebut harus sesuai dengan tubuh bagian bawah.

5. Dada Besar atau Kecil

Penggunaan busana cheongsam untuk postur tubuh dengan pemakaian aksen cut out di atas dada. Selain itu, Anda bisa menggunakan pakaian dengan memiliki aksen v neck yang sesuai, apabila dipakai oleh Anda yang memiliki dada besar. Hal ini akan berbeda jika Anda memiliki dada berukuran kecil, maka pilihan busana dress Imlek dengan potongan standar adalah pilihan terbaik.

6. Lengan Besar

Penggunaan baju cheongsam berbentuk sleeveless atau cheongsam tanpa lengan sangat cocok bagi Anda yang memiliki lengan besar. selain itu, Anda dapat menggunakan cheongsam berlengan untuk menyembunyikan lengan Anda.

7. Leher Pendek atau Panjang

Pemakaian dress dengan leher turtleneck bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki leher pendek. Solusi terbaiknya Anda dapat menggunakan model cheongsam berkerah pendek dan beraksen v lebih rendah. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek lebih jenjang pada bagian leher. Penggunaan kerah tinggi dapat membuat penampilan Anda lebih manis dan menawan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda memilih baju dress Imlek sesuai dengan kebutuhan. Selain pilihan baju berdasarkan bentuk tubuh, Anda perlu memperhatikan model baju dengan pilihan motif yang sesuai dengan keinginan. Umumnya, pilihan motif yang paling cocok adalah motif oriental.

Diposkan oleh Maria Yuliana

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk