4 Keutamaan Surat Al Waqiah Dan Waktu Yang Tepat Untuk Membacanya

Setiap surat yang terdapat didalam Al Quran memiliki keistimewaan masing – masing, termasuk juga surat Al Waqiah. Bahkan surat Al Waqiah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Seperti apa keutamaannya?

Surat ke-56 dan berada didalam juz ke-27 ini terdiri dari 96 ayat. Surat Al Waqiah memiliki arti ‘Hari Kiamat’, didalamnya dijelaskan bagaimana hari akhir itu akan terjadi sebagai balasan untuk orang mukmin dan orang kafir.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa keutamaan surat Al Waqiah, antara lain :

Memiliki Keistimewaan Di Sisi Rasulullah SAW

Keutamaan surat Al Waqiah yang pertama yaitu memiliki keistimewaan disisi Rasulullah SAW, karena surat ini membuat Nabi Muhammad SAW beruban.

Didalam sebuah hadits, Ibnu Abbas RA berkata bahwa, “Abu Bakar ash-Shiddiq RA berkata kepada Nabi SAW, ‘Wahai Rasulullah, engkau telah beruban.’ Beliau berkata, ‘Aku berubah karena surat Hud, Al-Waqiah, Al-Mursalat, An-Naba’, dan At-Takwir.”

Dijauhkan Dari Kemiskinan

Rutin membaca surat Al Waqiah dipercaya bisa membuat seseorang dijauhkan dari kemiskinan. Hal itu sudah termaktub dalam sebuah hadits, AbSyari’lah bin Mas’ud RA berkata,

“Saya mendengar Nabi SAW bersabda, ‘Barang siapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kekafiran selamanya.”

Mendapatkan Kekayaan Yang Banyak

Keutamaan mengamalkan surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setelah menunaikan sholat Ashar akan dapat mengantarkan seorang muslim untuk mendapatkan kekayaan dan rezeki yang banyak.

Sebagaimana yang termaktub dalam sebuah hadits yang berbunyi, “Ajarkanlah surat Al Waqiah kepada istri – istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan.” (HR. Ibnu Ady).

Mendapatkan Kesembuhan Dari Sakit Yang Diderita

Allah SWT akan mengangkat sakit serta memberikan kesembuhan kepada hamba – hambanya yang senantiasa membaca surat Al Waqiah.

Nah, setelah mengetahui keutamaannya, kini saatnya kita untuk mengetahui waktu yang tepat untuk membaca surat Al Waqiah.

Didalam buku berjudul ‘Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do’a dan Zikir) karya Kholidin, cara yang benar mengamalkan surat Al Waqiah yaitu dibaca setelah selesai sholat Dhuha atau sholat malam.

Adapun, surat Al Waqiah ini hanya dibaca satu kali. Kemudian, pada ayat 89 yang berbunyi (dalam bahasa latin).

“Fa rauhuw wa raihānuw wa jannatu na’īm.”

Artinya : “Maka dia memperoleh ketentraman dan rezeki serta surga (yang penuh) kenikmatan.”

Dibaca 3 kali tanpa nafas dan diam sejenak untuk memohon yang dihajatkan didalam hati. Kemudian, lanjutkan ayat seterusnya hingga selesai.

Lalu, cara mengamalkan surat Al Waqiah yang lain yaitu membaca surat ini sebanyak 3 kali pada waktu sholat Dhuha dan lanjutkan membaca doa ini (dalam bahasa latin).

“Allahumma inni As aluka bihaqqi suuratil Waaqi’ah Wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yusarritahu li katsiirin Bi kholqika Ya Allah Yaa Rabbal ‘Aalamiin.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Al Waqiah dan rahasia – rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Dan cara terakhir mengamalkan surat Al Waqiah yang benar yaitu dibaca setiap malam, paling sedikit satu kali dalam sehari semalam. Dalam sebuah riwayat Abdullah bin Mas’ud, “Siapa yang membaca surat Al Waqiah tiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kemiskinan/kekurangan selamanya.”

Jadi, jangan lupa ya amalkan keutamaan surat Al Waqiah ini !

Diposkan oleh Maria Yuliana

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk