Tips Mudah Memilih Tablet Sesuai Kebutuhan Kamu Sehari-Hari

Selain smartphone, tablet juga menjadi salah satu benda elektronik dengan peminat yang tinggi. Bahkan, tablet kerap kali digunakan sebagai pengganti notebook atau pun netbook yang dirasa lebih berat dan kurang fleksibel. Terlebih dengan kecanggihan teknologi masa kini, banyak tablet kelas atas yang fungsinya menyamai laptop, hanya minus keyboard fisik untuk mengetik. Inilah mengapa, ketika ingin membeli tablet, Anda perlu memperhatikan banyak hal supaya dapat memanfaatkan tablet tersebut dengan maksimal.

Perhatikan Hal Ini Ketika Akan Membeli Tablet

Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli tablet adalah seperti berikut ini;

1. Pilih Tablet dengan Spesifikasi Sesuai Kebutuhan
Tablet juga memiliki klasifikasi sama seperti barang elektronik pada umumnya. Beberapa dirancang untuk kebutuhan mendasar seperti chating atau berfoto, yang lainnya dirancang lebih dari itu. Tablet untuk para gamer dan yang bukan, jelas memiliki perbedaan. Apabila Anda gamer kelas berat, usahakan membeli tablet dengan spesifikasi tinggi. Mulai dari jenis prosesor, RAM, ROM, hingga jenis sistem operasi. Sistem operasi yang terbaru akan lebih disarankan daripada yang seri lama, karena meskipun bisa diupdate, terkadang performanya tidak bisa sebaik OS bawaan.

Selain spesifikasi yang sesuai kebutuhan, pastikan harganya juga sesuai dengan performa yang diberikan. Untuk apa Anda membeli tablet dengan harga mahal jika spesifikasinya tidak berbeda dengan yang harganya murah? Inilah mengapa mencari referensi dari berbagai sumber sangatlah perlu.

2. Ukuran dan Resolusi Layar
Ukuran layar pada tablet memang lebih besar daripada handphone terbaru sekalipun, tetapi ukuran layar ini tidak paten satu ukuran saja. Paling kecil biasanya berukuran sekitar 7 sampai 8 inci, yang tidak beda jauh dari beberapa smartphone. Untuk membedakannya dengan smartphone, disarankan ukuran layar tablet sekitar 10 inci, dengan resolusi layar yang tinggi. Semakin besar resolusinya, gambar pun akan terlihat lebih bagus. Apalagi jika Anda adalah seorang desainer yang menggunakan gambar untuk menggambar.

3. Budged yang Dimiliki
Paling penting yang harus dipikirkan sebelum membeli tablet adalah mempertimbangkan dana yang Anda punya. Jika budged benar-benar terbatas, tidak perlu memaksakan membeli yang harganya selangit. Beberapa tablet dengan harga murah juga ada yang berkualitas baik. Tergantung dari cara pakai Anda dan bagaimana perawatan hariannya. Cobalah mencari referensi di beberapa website atau toko-toko e-commerce untuk mendapatkan gambaran harga.

4. Ada Garansi Resmi
Membeli barang elektronik memang tidak bisa meninggalkan garansi. Oleh sebab itu, sebaiknya membeli tablet yang bergaransi resmi. Supaya kelak jika ada masalah pada tablet tersebut, Anda dapat membawanya ke gerai dan meminta perbaikan tanpa membayar banyak biaya.

Membeli tablet memang sebaiknya tidak sembarang mengingat harganya yang tidak murah dan kegunaannya yang diharapkan dapat bertahan cukup lama untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *