Sudah Lama Menikah Tapi Anda Belum Juga Hamil? Berikut Solusinya

Mungkin anda bersama pasangan sudah lama menikah, namun belum juga dikaruniai anak. Padahal anda bersama pasangan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk supaya cepat hamil. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang bisa menghambatnya. Untuk itu dalam tulisan kali ini akan membhas tentang beberapa hal yang harus diperhatikan untuk supaya cepat hamil sebagai berikut :

1. Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi
Tentunya jika anda ingin cepat-cepat hamil harus berhenti menggunakan alat kontrasepsi, dan biarkan semua berjalan apa adanya. Dalam hal ini, menurut American College of Obstetriciants and Gynecologist, jika anda mengkonsumsi pil KB, lanjutkan ke akhir siklus anda saat ini sebelum menghentikan pil tersebut. Lalu mulai coba berhenti pada bulan berikutnya. Karena dijelaskan pada laman Parenting, produsen Norplant mengatakan bahwa stik kontrasepsi luntur 3 hari setelah mereka hapus, sedangkan dari Depo-Provera mengklaim dibutuhkan 12 minggu untuk progestin (hormon kontrasepsei) sampai benar-benar hilang di tubuh anda. Namun, jika anda menggunakan kondom, diafragma, atau penutup serviks, yang perlu anda lakukan adalah dengan menyingkirkannya saja supaya cepat hamil.

2. Konsultasi Ke Dokter
Perlu anda ketahui, bahwa penyakit seperti diabetes, berat badan, tekanan dara, dan lain-lain bisa mempengaruhi kemampuan anda untuk cepat hamil serta melahirkan bayi yang sehat. Jadi, jika anda memiliki masalah tentang kesehatan apa pun juga, maka sebaiknya segera konsultasii dengan dokter supaya bisa langsung ditangani.

3. Gaya Makan Yang Benar
Dalam hal ini anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan pada waktu yang tepat. Makanan sehat ini artinya diet seimbang lengkap dengan protein, sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, ditambah dengan minuman permen dan lemak. Perlu anda ingat, jangan tunda waktu makan karena takut kegemukkan, akan tetapi tetap makan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Konsumsi Asam Folat
Asam folat ini merupakan bentuk sintetis dari folat, vitamin B yang bisa membantu anda untuk mengurangi resiko cacat lahir serius yang bisa mempengaruhi sumsun tulang belakang dan otak. Bahkan cacat ini bisa terjadi pada janin sebelum ibu tahu dia sedang hamil. Untuk itu, FDA merekomendasikan suplemen asam folat ini untuk dikonsumsi oleh semua wanita usia subur.

5. Berhenti Merokok, Minum, dan Obat-Obatan
Zat seperti nikotin, obat-obatan, dan alkohol bisa mempengaruhi kesuburan pria, dan juga bisa menyebabkan kerusakkan kromosom, penurunan mibilitas (tingkat kemampuan berenang sperma), serta disfungsi ereksi, kata Leslie Schover dan Anthony Thomas dalam Mengatasi Interfilitas Pria (John Wiley 7 Sons, 2000).

6. Kenali Siklus Haid Dengan Benar
Seperti yang sudah diketahui, bahwa waktu masa subur paling baik adalah hari ke empat belas setelah menstruasi. Akan tetapi, pada kenyataannya, ovulasi terajdi pada hari ke empat belas sebelum mennstruasi anda dimulai, jika anda tidak hamil, kata Toni Weschler dalam Mengisi Kesuburan Kamu (Harper Perennial Library, 1995). Dalam hal ini, jika siklus haid anda adalah 28 hari, maka itu membuat hari ke – 14(dihitung dari hari pertama menstruasi anda) merupakan hari yang paling subur bagi anda. Akan tetapi, jika anda memiliki siklus 30 hari, maka hari ke 16 adalah hari yang subur, dan 32 hari harus dilakukan pada hari ke 18. Namun, untuk mempermudah anda dalam mengetahui masa subur, anda bisa menggunakan aplikasi kalkulator masa subur melalui semartphone android yang anda miliki. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengetahui masa subur anda dengan mudah dan cepat.

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan jika ingin cepat hamil. Semoga dengan melakukan cara-cara diatas anda bisa langsung hamil dan memiliki anak. Selamat mencoba.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *