Pentingnya Manfaat Kalkulator Kehamilan Bagi Ibu Hamil

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa setiap ibu hamil wajib mengetahui usia kandungannya selama masa kehamilan. Mengapa harus demikian? Sebab dengan mengetahui usia kehamilan tersebut, tentunya bunda dapat mengetahui juga perkembangan bayi dalam kandungan. Selain itu, bunda juga sangat dianjurkan untuk terus memantau berat badan dari waktu ke waktu, agar mengetahui kondisi kesehatan dan asupan nutrisi yang dikonsumsi bunda selama kehamilan. Maka dari itu, penting bagi bunda untuk mengetahui tentang manfaat kalkulator kehamilan.

Kalkulator kehamilan merupakan salah satu metode yang dapat bunda gunakan untuk mengetahui informasi seputar kehamilan, baik dari usia kandungan maupun berat badan normal selama masa kehamilan. Namun, hal itu hanya sebagian kecil dari manfaat kalkulator kehamilan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat kalkulator kehamilan, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Bisa digunakan untuk menghitung usia Kehamilan
Pada umumnya, durasi kehamilan setiap wanita itu berkisar 38 minggu yang dihitung dari masa pembuahan. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua wanita menyadari proses pembuahan yang sedang terjadi di dalam tubuhnya, sehingga masa pembuahan akan dihitung dari hari pertama haid terakhir. Dengan demikian, maka kalkulator kehamilan ini bisa bunda gunakan untuk menentukan usia kehamilan.

2. Bisa Digunakan Untuk Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)
Sejatinya, kalkulator kehamilan tersebut tidak hanya digunakan untuk mengetahui informasi usia atapun kesehatan bagi ibu dan bayinya saja. Dengan kata lain, kalkulator kehamilan ini dapat digunakan juga untuk mengetahui kapan sang buah hati akan dilahirkan, sehingga bunda bisa mempersiapkan proses persalinan dengan baik. Tak hanya menggunakan kalkulator kehamilan, HPL pun bisa ditentukan dengan menggunakan rumus neagele.

3. Dapat Membantu Untuk Memperkirakan Berat Badan Yang Normal
Manfaat berikutnya dari kalkulator kehamilan yang harus bunda ketahui, yakni dapat membantu untuk memperkirakan berat badan yang normal selama masa kehamilan. Pada umumnya, ibu hamil itu akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 1 sampai 2 kg setiap 3 bulan pertama kehamilan. Setelah itu, ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan lagi sekitar 0,5 kg pada setiap minggunya. Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk menghindari kelebihan berat badan alias overweight! Pasalnya, ibu hamil dengan berat badan yang berlebihan ini akan beresiko menalami tekanan darah tinggi maupun diabetes lho!

4. Dapat Mengetahui Berat badan Bayi Yang Sesuai Usia Kandungan
Selain bisa menghitung berat badan bagi ibu hamil, kalkulator kehamilan ini juga bisa bunda gunakan untuk menghitung berat badan bayi yang sesuai dengan usia kandungan. Dengan demikian, maka hal tersebut dapat memperlancar kehamilan hingga proses persalinannya nanti. Selama kehamilan, bunda pun akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi dan mempunyai gizi yang bagus agar mencukupi kebutuhan asupan pada bayi dalam kandungan. Dengan mengetahui berat badan bayi, tentu saja bunda juga akan lebih memahami tentang asupan dan nutrisi apa sajakah yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin selama kehamilan.

5. Mengetahui Masa Akhir dan Awal Trimester Kehamilan
Pada tiap trimester kehamilan itu kerap menimbulkan gejala yang berbeda-beda, yang tentunya dapat membawa perubahan yang cukup besar bagi ibu hamil. Dengan mengetahui awal dan akhir trimester kehamilan, maka bunda pun dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi masa kehamilan berikutnya.

Itulah beberapa manfaat dari kalkulator kehamilan bagi para ibu hamil, yang semoga saja bisa membantu bunda selama kehamilan.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan