Keunggulan Meminum Air Pegunungan untuk Kesehatan Tubuh

Air memiliki peran sangat vital untuk kehidupan. Bukan hanya sebagai pereda kehausan, tetapi juga menjadi sumber energi supaya tubuh tidak dehidrasi. Bagi tanaman dan kelestarian alam pun, air berperan penting di dalamnya. Hanya saja, air yang dapat dikonsumsi manusia terbatas jenisnya. Meskipun air di lautan melimpah, tetapi tidak bisa dikonsumsi. Air yang bisa diminum adalah air tawar yang bersih, dan di antara sumber air paling murni dan sehat, air pegunungan menempati urutan paling atas.

Keunggulan Air Pegunungan Dibandingkan Air Lainnya

Semakin baik kandungan mineral serta kejernihan air yang dikonsumsi, maka sebaik baik pula untuk kesehatan fisik seseorang. Inilah mengapa air pegunungan menjadi incaran banyak orang. Berikut ini adalah beberapa keunggulan air pegunungan yang patut diketahui oleh masyarakat.

1. Air masih murni dan minim polutan
Air yang berasal dari pegunungan, tentu saja memiliki risiko sangat kecil terjangkit polutan. Sebab, tidak ada limbah industri atau pun rumah tangga yang dapat mencemarinya. Air hujan yang jatuh terserap dengan baik oleh tanah pegunungan, mengalir melalui bebatuan dan lapisan tanah yang tebal, sehingga keluar menghasilkan air yang murni dan bersih.

Terlebih jika sumber mata air pegunungan tersebut berasal dari gunung vulkanik, yang memiliki tiga karakteristik sebagai sumber air tanah yang baik, yaitu meliputi kualitas yang baik, kuantitas yang melimpah, dan kontinuitas di mana air akan selalu mengalir berkat kondisi gunung yang masih asri serta kaya akan pepohonan.

2. Mineral yang baik untuk tubuh
Air pegunungan juga dikenal sebagai air kaya mineral yang baik untuk tubuh. Di antara macam-macam mineral tersebut, beberapa yang mendominasi adalah silika, magnesium, kalsium, natrium, kalium, zink, dan selenium.

Silika sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta jaringan tubuh. Perannya sangat didukung dengan adanya kalsium dan magnesium yang juga sangat berguna untuk tulang, otot, saraf, darah, dan kinerja sel. Kita semua tahu bahwa ketika tubuh kekurangan zat magnesium, akan menyebabkan gangguan fungsi saraf, mulai dari terjadi anoreksia hingga melemahnya otot.

Tidak hanya itu, kandungan natrium dan kalium dalam air pegunungan juga sangat bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan serta fungsi sel dalam tubuh kita. Di mana keduanya merupakan zat terlarut yang bekerja sebagai elektrolit pada tubuh.

Mineral lainnya pada air pegunungan adalah adanya zink dan selenium. Zink sangat penting sebagai zat yang membantu pembentukan inti sel dan protein. Tidak hanya itu, zink pula yang berperan sebagai pertumbuhan serta saraf otak. Sedangkan selenium berperan sebagai zat yang mampu memperbaiki sistem imun dalam tubuh kita.

Dampak Tubuh Ketika Kurang Minum Air Putih

Meminum air yang bersih dan sehat memang membawa dampak besar bagi kehidupan seseorang. Bahkan jika seseorang kekurangan minum, ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat terjadi.

Kurang minum air akan membuat kamu merasa cepat lelah dan bahkan pusing. Mengapa demikian? Sebab ketika tubuh mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan, kadar oksigen di dalam tubuh ikut menyusut. Hal tersebut akan memengaruhi kinerja organ lainnya seperti otot, syarat, dan lain-lain. Kondisi tersebut juga akan membuat kepala merasa pusing dan bahkan berkunang-kunang.

Bahkan, bagi wanita yang menginginkan memiliki kulit segar dan awet muda, sangat disarankan mengonsumsi banyak air putih setiap hari. Tubuh yang terhidrasi akan membuat kulit juga ikut segar. Ketika kurang minum air, kulit akan tampak berkerut dan cepat kusam.

Dari ulasan yang dibahas, dapat disimpulkan bahwa konsumsi air bermineral sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Air yang kaya mineral tersebut bisa didapatkan dari air pegunungan yang masih alami.

Add a Comment