Apa itu Atensi dan Bagaimana Cara Stimulasi Untuk Anak

Ada berbagai macam cara memang yang bisa dilakukan para bunda untuk memperhatikan tumbuh kembangnya buah hati seperti melalui atensi. Pastinya sebagai orang tua yang baik, anda memang harus mengetahui apa itu atensi bukan? Atensi ini sendiri merupakan salah satu aspek yang penting yang mampu mengasah kemampuan kognisi yang dimiliki oleh anak-anak.

Atensi ini sendiri merupakan istilah lain dari perhatian. Dimana ini merupakan sebuah proses untuk menangkap informasi dengan menggunakan indra, proses mengingat maupun dengan proses kognitif yang lainnya. Anak dengan perhatian atau atensi yang cukup pasti akan lebih memuaskan dan bisa mendapatkan konsentrasi yang cukup untuk melakukan aktivitas mereka.

Bagaimana cara stimulasi agar atensi anak cukup

Menuntut para ahli, kemampuan atensi yang dimiliki oleh anak 1 hingga 2 tahun adalah 4 menit, untuk anak usia 4-5 tahun adalah 10 menit, sedangkan untuk anak berumur 4-5 tahun adalah sekitar 15 menit. Walaupun demikian, anak-anak di usia balita sendiri memang mempunyai kemampuan konsentrasi yang tidak begitu baik dibandingkan dengan anak-anak dengan usia diatasnya.

Untuk bunda yang masih kebingungan bagaimana cara untuk meningkatkan atensi anak-anak, anda wajib menerapkan beberapa tips yang ada dibawah ini agar atensi yang dimiliki oleh anak anda bisa bekerja dengan baik. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan.

1. Belajar dengan berkomunikasi sehari-hari
Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk memberikan stimulasi atensi pada anak anda adalah dengan berkomunikasi yang baik. Sebagai orangtua, anda wajib untuk memposisikan diri anda sejajar dengannya. Dengan begini maka anak anda tidak perlu mendongak ketika sedang berbicara dengan anda.

Selain itu, ada baiknya anda juga bisa berbicara dengan jelas dan tidak terburu-buru. Selain itu, ketika anda berbicara pastikan anda menatap wajah dan mata buah hati anda. Sebaiknya, anda juga bisa melakukan pembicaraan tersebut dengan tuntas. Jangan sampai anda bermain ponsel ketika sedang berkomunikasi dengan anak anda tersebut

2. Membacakan cerita untuk anak anda
Cara lainnya yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan atensi pada anak anda adalah dengan membacakan cerita untuk anak anda. Cara ini sendiri ternyata sangat bagus untuk meningkatkan atensi, konsentrasi hingga tingkat imajinasi yang dimiliki oleh buah hati anda.

Anda bisa meminta buah hati anda untuk mendengarkan cerita apa yang tengah anda bacakan dengan baik. Sebaiknya anda juga bisa memberikan intonasi maupun nada yang sesuai dengan jalan dari cerita yang anda bacakan. Jangan lupa untuk menyelesaikan cerita tersebut hingga selesai.

3. Jangan pernah mencoba untuk memotong pembicaraan yang sedang berlangsung
Jangan sampai anda memotong pembicaraan begitu saja ketika sedang berkomunikasi dengan buah hati anda tersebut. ajarkan anak anda bagaimanakah cara untuk menjadi pendengar yang bagus. Dengan kata lain, ini akan membuat anak anda tidak pernah melakukan hal ini. seperti yang sudah kita ketahui apabila orang tua memang harus menjadi teladan yang baik.

4. Gunakan mainan atau alat bantu
Masih ada cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk stimulasi atensi anak anda yakni dengan menggunakan mainan maupun alat bantu. Ada beberapa mainan yang bisa anda berikan kepada anak anda seperti balok susun, puzzle hingga mainan kartu. Tetapi, pastikan anda tidak memberikan mainan yang berlebihan.

Seringkali orang tua memang kebingungan dalam memberikan perhatian kepada anaknya. Padahal sebenarnya untuk memberikan perhatian tersebut tidaklah sulit. Anda bisa langsung menerapkan tips stimulasi atensi yang ada di atas.