5 Penyakit Musim Hujan Yang Wajib Untuk Anda Waspadai

Musim hujan sudah kembali datang, perlahan musim ini memang akan menggantikan musim kemarau kemarin. Tak bisa dipungkiri apabila saat musim hujan ini, cuaca akan berubah menjadi ekstrim di beberapa wilayah di Indonesia. perubahan cuaca inilah bisa menyebabkan terganggunya kondisi kesehatan seseorang. Termasuk menyebabkan penyakit musim hujan.

Pada saat musim hujan seperti ini, risiko terkena berbagai macam penyakit memang akan semakin meningkat. Terlebih lagi jika anda tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka anda akan lebih rentan untuk terkena penyakit ketika menghadapi musim penghujan ini.

Penyakit musim hujan yang patut diwaspadai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila terdapat sejumlah penyakit musim hujan yang perlu anda waspadai. Dengan mengetahui beberapa penyakit dibawah ini maka anda bisa melakukan pencegahan lebih dini. Langsung saja, berikut ini beberapa jenis penyakit yang biasanya akan mengintai pada musim penghujan.

1. Tifus
Tifus ini menjadi penyakit yang paling banyak terjadi ketika musim penghujan. Tifus sendiri adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya bakteri S typhi. Gejala dari pasien yang menderita penyakit ini biasanya demam yang turun naik, sakit kepala, lemah hingga adanya gangguan pada tenggorokan.

Bukan hanya itu saja, sebagian besar dari kumannya juga akan mengganggu saluran pencernaan. Sedangkan sisanya akan hidup dan menginfeksi usus halus seseorang.

2. Malaria
Adapun jenis penyakit musim hujan yang perlu anda waspadai adalah malaria. Penyakit ini sendiri biasanya diakibatkan oleh adanya nyamuk anopheles betina dimana akan berkembang pada daerah dimana air tergenang. Penyakit ini sendiri juga menjadi penyakit yang umum terjadi di musim penghujan.

Demam, nyeri otot hingga menggigil merupakan beberapa gejala dari penyakit ini yang paling umum. Untuk mencegah penyakit ini sendiri maka anda bisa memberikan tangki-tangki yang tergenang oleh air.

3. Demam berdarah
Sekilas memang memiliki kesamaan dengan malaria, tetapi penyebab dari penyakit ini diakibatkan karena nyamuk aedes aegypti. Dimana nyamuk tersebut juga akan mengalami perkembangan pada air yang mengalir. Gejala dari penyakit ini antara lain adalah demam tinggi, ruam kemerahan hingga trombosit yang rendah.

4. Diare
Adapun jenis penyakit berikutnya yang sering terjadi di kala musim penghujan adalah diare. Penyakit ini sendiri biasanya ditandai oleh feses yang sangat encer dan biasanya terjadi selama berkali-kali. Penyebabnya adalah adanya bakteri shiella dysentria, Escherichia coli, dan lainnya.

5. Kolera
Penyakit yang satu ini biasanya akibat dari mengkonsumsi makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri vibrio cholera. Kolera ini sendiri juga bisa mengakibatkan diare parah hingga muntah-muntah. Sehingga bisa mengakibatkan seseorang terkena dehidrasi.

Demikian beberapa jenis penyakit musim hujan yang kerap terjadi. Dengan mengetahui jenis penyakit itulah, anda bisa selalu waspada dan tetap untuk menjaga kesehatan anda. Selain itu, jangan lupa menerapkan gaya hidup sehat.

Add a Comment